Pages

Saturday, January 16, 2016

Pray For Jakarta, Pray For Indonesia


Aku sangat sedih dan terkejut saat pertama kali mengetahui berita tentang adanya ledakan bom di daerah Sarinah, tanggal 14 Januari lalu. Aku berpikir, "Ada apalagi sekarang ini?".
Innalillahi wa innailaihi roji'un.

Saat aku tahu tentang ledakan bom Sarinah, yang pertama terlintas dipikiranku, "Ya Allah ini kenapa? Dia mau apa?". Aku juga ga tau 'Dia' itu siapa. Hmm, sebenarnya apa sih mau mereka?
Begitu banyak pertanyaan yang ingin aku cari jawabannya..

Awalnya aku ga kepikiran ini ada hubungannya dengan ISIS. Namun, setelah keluar pernyataan dari Kadiv Humas Mabes Polri bahwa telah ada warning sebelumnya dari ISIS untuk Indonesia, membuatku tersadar kalau ISIS ingin menunjukkan eksistensinya di Asia Tenggara. Jujur, selama ini aku masih lengah tentang isu-isu seperti ini.

Penggunaan hashtag 'Kami tidak takut' yang ramai digunakan di sosial media setelah terjadi bom Sarinah menunjukkan sikap optimisme rakyat Indonesia dalam menghadapi teror bom di ibu kota. Menurut aku, kita boleh-boleh saja (memang harus) bersikap seperti itu, namun yang lebih penting, kita juga harus meningkatkan kewaspadaan dan keamanan. Kejadian ini bisa dianggap sebagai peringatan pertama dari ISIS untuk Indonesia. Aku tidak bermaksud untuk menakut-nakuti atau membuat resah, tapi inilah yang sedang terjadi di depan mata kita.

Aku ingin mengajak kita semua untuk lebih aware terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi. Kita semua tahu bahwa dunia ini sedang tidak stabil. Konflik-konflik yang sedang bergejolak. Perperangan di Timur Tengah yang semakin memanas. Kalau bahasa aku-nya sih, 'dunia ini lagi sensitif terhadap apapun...'.

Aku ingin kita sebagai rakyat, polisi, TNI, intelijen, dan berbagai kalangan lainnya meningkatkan keamanan dan 'membuka mata' terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi di Indonesia. Terutama invasi oleh ISIS. Aku tidak ingin menyalahkan pihak manapun, namun aku melihat Indonesia masih 'diam' dan belum bereaksi terhadap apa yang telah terjadi di dunia luar. Kita masih belum memiliki kesiapan yang mantap untuk menghadapi serangan dari ISIS, bila itu terjadi (semoga saja tidak).
Serangan itu bisa terjadi kapan saja, maka dari itu, kita harus punya 'ancang-ancang' untuk melawannya.

Aku yakin kita semua bisa menghadapinya.
Imagine all the people livin' life in peace. -Imagine, John Lennon 

XOXO

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik