Pages

Thursday, January 15, 2015

Kasus dari Papa: Cutis Laxa

Jadi tadi aku lagi ngepel lantai kamar, eh tiba-tiba papa telfon... 

Papa: Kak, papa ada kasus buat kakak.. 

(Aku langsung kebayang Sherlock Holmes haha)

Aku: Kasus apa pa?

Papa: Ada pasien di Rumah Sakit kak, ibu ibu umurnya kira kira 30 tahun kak, habis melahirkan lalu mukanya jadi keriput. Kayak orang tua, kak. Tolong carikan papa sakit apa ibu itu, kak..

(Ha! Aku inget aku pernah baca artikel tentang ibu ibu di China yang setelah melahirkan trus mukanya jadi kayak orang tua.. Wah..)

Aku: Ibunya ga sakit kan pa? PE nya gapapa kan pa? Cuma kulitnya jadi keriput gitu kan pa? Vira pernah baca artikel tentang itu juga pa... Nanti coba vira cari di Internet pa..

Papa: Ibunya tidak sakit, tapi seperti orang tua. Menurut papa, itu Steven Johnson Syndrome, kak.

Aku: Mmm.. Menurut vira engga pa.. Soalnya kalo Steven Johnson Syndrome itu kulitnya melepuh bukannya pa? Mmm.. Tapi vira ga tau pasti juga pa.. Vira cari dulu ya pa. Hehehehe.. 

Papa: Oke, kak..

Aku: Nanti vira telfon lagi ya paa

Papa: Oke ntik. (Hahaha papa suka manggil aku 'Cantik' :p *abaikan*)

Aku langsung googling. Ngepel lantainya aku tinggalin dulu, abisnya penasaran sih haha. Dan setelah browsing ini itu, ternyata penyakit ibu ibu itu merupakan penyakit langka. Dan cuma ada 12 kasus di dunia! Wow. Nama penyakitnya Cutis Laxa (Latin) atau Lax Skin (Inggris).

Dari referensi yang aku baca, Cutis Laxa itu gangguan pada jaringan ikat yang jarang terjadi, yang menyebabkan kulit menjadi sangat mudah teregang dan menggantung. Kulitnya ngga elastis gitu, jadi kayak kulit orang tua. Penyebab pasti dari Cutis Laxa belum diketahui. Wah.. Kasian.. :(

Cutis laxa (CL), or elastolysis, is a rare, inherited or acquired connective tissue disorder in which the skin becomes inelastic and hangs loosely in folds. The clinical presentation and the mode of inheritance show considerable heterogeneity. Autosomal dominant, autosomal recessive, and X-linked recessive patterns have been noted in inherited.
Klik ini kalo mau baca lebih lengkap ya :D 

Trus aku telfon papa, kasih tau ke papa tentang Cutis Laxa.

Mm, kayaknya di Indonesia belum ada tentang penyakit ini ya?. Tadi pas aku telfon papa, papa bilang 'Mungkin ini kasus yang ke 13, kak..'

Yah, mungkin, pa.


XOXO

11 comments:

  1. Kasian ya vir ibunya

    ReplyDelete
  2. Oh iya, kalo ga salah kamu cerita papa kamu di dinkes kan vir? Kok bisa ngurusin pasien di RS?

    ReplyDelete
  3. Iya papaku di dinkes, mm aku jg ga tau hehehe. Off anon dong hehe..

    ReplyDelete
  4. Gamau ah, takut ga dibales lagi hihi

    ReplyDelete
  5. Hahaa ada ada aja, InsyaAllah bakal dibales kok, kan udah mampir ke blog aku :D

    ReplyDelete
  6. Antik baik banget deh hihi

    ReplyDelete
  7. Eh bentar, kok aku cerita tentang papa aku ke kamu? Off anon dooong penasaran ini siapa :o hoho

    ReplyDelete
  8. Iya yang di haus tea vir, kamu masih ingat? Hehe

    ReplyDelete
  9. Berarti kamu udah tau dong aku siapa vir? Yaaah gaseru lagiii hihi

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik